Rabu, 11 Maret 2020

KENYA: Cewek Unik Berdarah Afrika


Judul: Kenya
Penulis: Kincirmainan
Penerbit: Bhuana Sastra
Cetakan: 1, Mei 2019
Tebal: 352 hal
ISBN: 9786232160644

[BLURB]
Gue Kenya Barika Banyo, lahir di Kenya, punya adik yang super mega ultra sensitif bernama Afrika.

Seperti cewek lain di muka bumi ini, gue juga bikin resolusi tahun baru yang nggak berguna sebab isinya 85% gagal 10% pasti segera gagal dan 5% belum pasti gimana nasibnya.

Kacau.

Delta, cowok yang gue sayang dari kecil dan mau gue tembak tepat pada malam pergantian tahun, which is bagian dari rencana besar gue tahun ini, justru jadian sama sahabat gue! Parahnya, malam itu juga gue malah jatuh ke pelukan Data, adiknya Delta!

Oh My God, Kenya, what were you thinking?!
=====================================
"Makin keras jatuhnya, makin banyak pelajaran yang lo dapet. Nikmatin aja. Gue juga pernah kok di posisi lo." (hal. 24)

Kenya; cewek berpendirian kuat, kasar, bermulut pedas, super blak-blakan dengan keberanian melebihi laki-laki kecuali urusan cinta tak selalu mulus. Aku gemes dengan kegalauan Kenya untuk ngungkapin perasaannya ke Delta. Delta memang tipe nggak pekaan juga sih. Sayang tapi cuma sahabat😑

Meskipun Kenya mendapati kenyataan pahit bahwa Delta dan Bella mengumumkan pertunangan. Tapi, Kenya selalu optimis dengan harapan mereka berdua pisah😂 Di sisi lain, muncul Data yang menawarkan perhatian lebih pada Kenya. Meskipun risih tapi kehadiran Data membuat Kenya terus kepikiran. Bisakah Kenya keluar dari friendzone yang dijalanjinya selama 15 tahun?

Karakter yang dibuat penulis sangat unik. Jujur aku belum pernah menemui karakter seperti Kenya dan Afrika dalam novel manapun, mereka ini saudara yang tertukar identitasnya, perdebatan mereka berdua itu sungguh jujur dan tepat sasaran. Aku enjoy dengan gaya bahasa santai yang dipakai penulis, mixing English dan penuh rasa humor mengalir tanpa dipaksakan. Konten mature, pemakaian kata makian dan kehidupan bebas meskipun tidak terlalu eksplisit membuat buku ini berlebel 18+👍👍


Mari kita lanjutkan gosipin kehidupan Kenya yang ajaib. Singkat cerita, Kenya bisa berpacaran dengan Delta👏 Kenya mengungkapkan perasaan terpendamnya pada Delta karena hubungan Delta dan Bella mengalami keretakan. Takdisangka Delta juga memiliki rasa yang sama. Apakah ini benar-benar yang Kenya inginkan? Tapi kenapa dia  merasa ada sesuatu yang berbeda?

"Sekarang gue tahu kalo seseorang yang lebih bersikap kasar dan nggak peduli sama perasaan orang lain adalah orang-orang pengecut yang sebenarnya hanya berusaha lari dari kenyataan." (hal. 145)

Harapan terkadang takseindah kenyataan. Benar saja, insiden kekacauan di pesta Edo membukuktikan bahwa pilihan Kenya adalah salah. Delta telah menutupi sesuatu darinya. Kenya tak ingin memperkeruh suasana dan memilih untuk mengalah. Kenya menata kembali hatinya dan meyakinkan diri sendiri tidak akan mengalaminya lagi. Tiba-tiba saja, Data menembak Kenya... dengan memaksa agar Kenya menerima cintanya😂 Dari sini konflik batin Kenya dimulai.. Apakah dia akan menerima cinta Data?

"Gue orang keras kepala yang nggak mau mengubah pendirian bahwa kebohongan itu akan terus menyisakan akar kebencian." (hal. 207)

Kalau disuruh memilih antara Delta dan Data. Aku akan memilih Data wkwkwk😂

Aku menemukan kalimat yang terkesan menyakitkan namun benar-benar jujur dan langsung menampar, membuatku berpikir apakah aku sudah menemukan cinta yang tepat atau belum. Misal:

"Banyak banget bagian dari lo yang harus lo redam. Sepintas kayaknya bagus karena lo jadi lebih manusiawi, tapi...lo binatang buas mah buas aja, being with someone you love means to be free of being whoever you are. Bukan being whomever the person you love want." (hal. 39)

"If the love tied me so hard, if the love didn't make me happy with their happiness, then it's not love at all." (hal. 208)

Takhanya itu, ada kalimat lucu diucapkan Data, apakah humorku sudah anjlok atau gimana ini kok ngakak ya:
"Ngomong-ngomong, gue nggak suka ya lo kasar gitu, Kenya! Kita harus secepatnya ganti gue dan lo ini jadi aku dan kamu, supaya kalau pas kita udah pacaran nanti, lidah lo nggak perlu kursus kepribadian!" (hal. 196)😂😂😂😂😂


"Apa benar seseorang yang sejak lama kita inginkan menjadi tidak lagi menarik saat berhasil kita dapatkan?" (hal. 227)

Data berusaha meyakinkan Kenya agar menerimanya. Kenya yang awalnya ragu, lantas berubah pikiran untuk menerima cinta Data dengan tulus bukan hanya sebagai pelarian saja. Aneh sekali,  keesokan harinya Data justru menjauh. Kenya yang merasa uring-uringan justru mendapatkan kenyataan lebih pahit. Kamu akan menemukan twist kehidupan dari seorang Data yang membuat terkejut😂 bagaimana kehidupan Data sesungguhnya? Terlebih lagi, kemunculan sosok baru Nanta di kehidupan Kenya. Siapakah dia? Rahasia Nanta juga bikin shock.

"Kalau gitu cari dan temui dia. Kalau hati kamu udah dipegang sama dia, bilang. Kalau dia mau simpan, suruh dia jaga baik-baik. Kalau nggak, kamu harus minta kembali." (hal. 227)

Hal menarik yang aku temui di buku ini:
1. Latar belakang keluarga Kenya, nama lengkap Kenya dan Afrika anti-mainstream diambil dari bahasa Shahwili, Somalia.
2. Pekerjaan Kenya di sebuah tempat pemotongan sapi dan babi. Dia ingin menjadi bagian dari pelestarian satwa seperti Ayahnya namun selalu gagal tes.
3. Selain hubungan unik Kenya-Afrika. Hubungan Kenya dan sahabat bernama Jamal jg terbilang unik.
4. Aku suka dengan scene ketika Data maupun Nanta  memasak.
5. Ilustrasi cover sosok Kenya yg pas banget sesuai imajinasiku. Di cover belakang nyempil gambar Afrika kalo² kamu penasaran wujudnya😂

Namun aku merasa alur terlalu cepat membuatku agak ngos-ngosan karena konflik pun muncul bertubi-tubi tanpa jeda. Terlepas dari itu, pesan moral tentang keluarga, persahabatan, dan  hubungan asmara bisa kamu dapatkan selama membacanya, dengan catatan kamu harus open-minded💜

🌟: 4/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar