Rabu, 11 Maret 2020

SEMESTA CERITA KITA: Kado Spesial 45th GPU


Judul: Semesta Cerita Kita
Penulis: Para Editor GPU
Penerbit: GPU
Cetakan: Maret 2019
ISBN: 9786020627939
Tebal: 224 hal

Buku ini berisi 12 cerpen yang ditulis oleh editor GPU dari generasi yang berbeda-beda. Mereka menghasilkan cerita dengan keunikan tersendiri. Cerpen² ini lahir dalam rangka ulangtahun GPU ke 45. Mari kita simak ada kisah apa saja ya:

1. Daniel; cowok hobi diving dan bekerja sebagai staf divisi legal perusahaan kelapa sawit. Dia punya pacar bernama Nina yang takpernah absen menanyakan 5W+1H. Daniel merasa risih, namun kesibukan di kantor membuat dia bersyukur karena bisa sedikit terlepas dari ocehan Nina. Tapi dia justru menyesali tindakannya itu...

2. Berkisah tentang 3 sahabat Rara, Nurna dan Farida yang pergi ke Bandung naik kereta untuk mengahadiri event launching buku. Hal menyebalkan dirasakan Rara selama perjalanan di kereta api. Ada apa ya?

3. Cerita selanjutnya bergenre thriller. Awalnya Si tokoh "Aku" hanya tinggal bersama Ayah setelah ditinggal pergi Ibu entah kemana. Setelah Ayah meninggal, si Aku mencari keberadaan Ibu nya. Saat berkunjung di rumah Ibu, si Aku diperlakuan buruk oleh Ibu, yang berbuntut peristiwa mengerikan dengan si Aku sebagai pelaku..

4. Don't judge book by it's cover. Pepatah tepat untuk menggambarkan sosok Kakek gang Pisang. Kakek yang dianggap gila karena ditinggal keluarga dan dicemooh tetangga ini memiliki rahasia yang akan membuatmu terharu...


"Once is a coincidence, twice is lucky, but the third one is definitely fate " (hal. 90)

5. Arianna sedang membuktikan cemoohan rekan kerja di kantor. Dan disinilah dia berada sekarang di Negara Yunani. Dia bermaksud untuk solo traveling. Semua berjalan sesuai rencana hingga penganggu bernam Roderick muncul di hadapannya.

6. Cerita berikutnya psycho-thriller yg menurutku bagus bgt jika dikembangkan menjadi satu buku. Aku merasa familier dengan gaya bahasanya. Ternyata cerita ke-6 ditulis penulis Katarsis. Ada yg bisa menebak? Cerita tentang Sabrina menjadi satu-satunya korban selamat dari penyekapan kejam seorang psikopat bernama Ben. Sialnya, Sabrina tidak terlalu ingat kejadian yg menimpanya. Dia selalu mencari info dengan mewawancarai Ben yg seakan bungkam di penjara. Ben hanya memberi petunjuk agar Sabrina mencari tahu sendiri kejadian kelam di masa lalu itu.

7. Aku agak tak paham cerita ke-7. Intinya si Aku mengalami migrain hebat. Dalam pikirannya dia mendengar suara dua orang yang sedang bertanya dan berdebat hebat. Taktahu sosok apa itu.

8. Hmm... Sama seperti kakek gang pisang, kisah nasi kuning ini juga mengharukan😢 Nina hidup dalam keluarga pas-pasan setelah Ayahnya meninggal. Dia hidup bersama Ibunya yang bekerja sebagai penjual makanan di warung. Karena faktor keuangan, Ibu sangat memperhatikan pengeluaran. Padahal Nina ingin sekali merayakan ulangtahun dengan uangnya sendiri. Ibu selalu mencegah agar Nina menggunakan uang tabungan tsb untuk hal berguna misal biaya sekolah. Nina taktahu jika Ibu menyimpan suatu rahasia.

"Menurut Ibuk, uangnya lebih baik ditabung. Nggak ada yang tahu kapan kamu butuh duitnya..." (hal. 154)


"cara satu-satunya mengobati lara bukan dengan melupakan, tetapi menertawakan seolah duka telah berubah menjadi canda." (hal. 182)

9. Jana; seorang cewek indigo yang bermimpi bertemu dengan sosok cowok sama selama bertahun-tahun. Takdisangka, dia bertemu Aksa; cowok yg mirip dengan orang dalam mimpinya.. Aku suka kisah ini tapi, aku berharap ending yang lebih mengejutkan.

10. Mirabilis berasal dari keluarga broken home. Bapak pergi meninggalkannya dan Ibu. Hal inilah yang membuat Ibu enggan merestui hubungan serius Mirabilis dengan lelaki berusia lebih muda yang masih kuliah.

11. Cerita antara Aku dan Kamu yang dipertemukan di sebuah rumah sakit dimana garis hidup dan mati tanpa sekat. Kamu selalu menjadi tempatku menuangkan segala resah hidupku yang bising tanpa pernah menghakimi.

12. Penerbangan menjadi cara ampuh yang Rena lakukan untuk melarikan diri dari masalah hidupnya. Dalam pelarian kali ini dia  dipertemukan dengan cowok cerewet bernama Dirga. Di sisi lain, sumber masalah Rena justru mengikutinya ke tempat pelarian😂

"Kalau dia begitu gigih memperjuangkanmu, berarti dia menganggapmu spesial dan berharga. Tidak ada orang yang akan melukai yang paling berharga dalam hidupnya." (hal.186)

Buku ini menarik, membuatku merenungkan perjalanan hidupku. Dikemas dalam beberapa bab bertema hadiah, Semua perasaan dituturkan oleh para penulis melalui tulisan mereka secara menarik baik melalui karakter tokoh maupun genre yang dipilih. Kalian akan merasakan berbagai perasaan seperti: senang, sedih, terkejut, marah, haru serta bisa menarik pesan moral dari tiap kisahnya. Ada beberapa cerpen yang menarik buatku, ada yang terkesan biasa, ada juga terkesan terlalu cepat selesai. Jika kamu ingin menikmati cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang, buku ini layak untuk dibaca😊

🌟: 3.5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar