Selasa, 28 Mei 2019

ASRAMA: Sekolah Penuh Misteri


(Diikutsertakan Dalam Kontes Review Haru)
Judul: Asrama
Penulis: Muhammad Fatrim
Penerbit: @penerbitharu
Cetakan: 1, September 2017
ISBN: 9786026383273
Tebal: 293 halaman

Novel Malaysia kedua yg aku baca setelah Bayangan Clarissa. Masih bernuansa horror misteri, genre favoritku. Langsung aja aku share blurb-nya dulu.

BLURB
Kalau manusia masih bisa kita lawan, tapi kalau yang 'lain' susah

Dahlia punya ide cemerlang untuk pindah sekolah dari desa ke sebuah asrama putri. Namun, asrama itu ternyata dikuasi oleh geng-geng yang sangat kejam dan semena-mena. Baru saja datang, loker Dahlia sudah dimasuki barang-barang aneh, bahkan tindakan mereka semakin menjadi-jadi setiap harinya.

Bertekad membalas dendam. Dahlia dan teman-teman sekamarnya pun bermain-main dengan permainan terlarang.

Hanya saja, siapa yang bisa menjamin permainan itu tidak akan balik menyerang mereka?

Belum lagi, asrama itu sepertinya menyimpan sebuah rahasia. Rahasia yang bisa membuat nyawa mereka melayang..
====================================
Awalnya aku pikir novel ini hanya seputar perilaku tindas-menindas serta usaha balas dendam ke pelaku bullying. Tapi, ternyata masalahnya lebih kompleks daripada itu.๐Ÿ˜…


CHARACTERS
Dahlia
Murid pindahan tingkat 4 di SMK Sri Bayu kota Kinabalu yang berani menentang geng Queen.

Rashid
Ayah Dahlia yang menentang kepindahan anaknya ke sekolah biasa. Dia bekerja sebagai kontraktor.

Kalsom
Ibu Dahlia yang suka bercanda dan sayang keluarga.

Lena, May dan Farah
Teman sekamar Dahlia di kamar 206 yang baik dan tidak suka dengan geng Queen. Mereka menyimpan rahasia besar.

Geng Queen
Geng penguasa terdiri dari Sarah, Lisa, Myra dan Diana. Mereka pelajar tingkat 6 yang suka menindas pelajar tingkat bawah.

Pak Darus
Penjaga sekolah yang aneh dan sering memberikan 'makanan' ke penunggu pohon Ara belakang asrama di waktu-waktu tertentu.

Maria dan Ira
Maria adalah pelajar tingkat 4. Dia sebangku dengan Dahlia. Ira adalah pelajar tingkat 2 yang sering menemui Dahlia. Keduanya selalu datang dan menghilang dengan cepat.

Tokoh Lain: Adam, Azhar, Sam, Makcik Ani, Uztadz Fridaus, Angelica, Johan.
====================================
Asrama bercerita tentang kehidupan para pelajar di sebuah asrama tua SMK Sri Bayu. Dahlia awalnya ditentang sang Ayah untuk pindah ke SMK tersebut. Lalu karena suatu hal dia akhirnya diizinkan pindah. Di asrama itu para pelajar dibagi menjadi geng Queen, Princess dan Slave. Mereka berlomba untuk masuk di geng Queen dan Princess. Geng Queen yang berkuasa terkenal suka menindas, termasuk Dahlia telah menjadi korban. Dia pun bertekad untuk membalas dendam pada Queen bersama teman sekamarnya. Dengan menggunakan sebuah papan mereka memulai usaha pembalasan dendam.

"Jangan diganggu mereka yang tidur itu, kelak mencelakakan", (hlmn. 168)


Dahlia dan teman sekamarnya bermain 'spirit of the coins' (semacam jailangkung) untuk menuntaskan balas dendamnya pada Queen. Tetapi, dia tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan. Kejadian-kejadian di luar logika terus meneror Dahlia dan penghuni asrama lainnya. Rahasia besar yang selama ini terpendam tentang asrama itu perlahan terungkap.
====================================
Aku suka novel ini karena alurnya cepat, cerita ringan dan tidak membosankan.  Horornya juga dapet banget. Meskipun aku bisa menebak cerita dan alur secara garis besar. Tapi, ada beberapa hal yang membuatku penasaran karena masih menggantung hingga akhir cerita. Katanya ada Asrama 2.. Aku akan menantikannya๐Ÿ˜…

Novel ini memakai alur maju-mundur. Flashback diceritakan hanya sekilas namun jelas. Tokoh-tokoh yang aku pikir sampingan ternyata mempunyai andil besar dalam cerita. Buat kalian yang pernah merasakan tinggal di asrama atau pondok, wajib baca ini untuk bernostalgia!๐Ÿ˜‚

Banyak kosakata bahasa Melayu yg dipertahankan, misal: Cikgu, Makcik, Mati Katak, prep, fly, andartu, puan, ayam katik, potong stim, skema, mempelam. Tenang saja karena footnote tersebar sehingga pembaca tidak bingung. Adat dan kepercayaan negara Malaysia juga diceritakan, terutama tentang Pengait. Apa itu pengait? Bisa dicari sendiri di google๐Ÿ˜‚

FAVORITE QUOTE
"Kamu nggah usah jadi ustazah. Salat saja nggak genap, punya niat menceramahi orang." (hlmn. 35)

"Sebelum itu aku ingin kalian pikirkan baik-baik karena apa yang kita minta nggak bisa ditarik. Sekali kita melangkah nggak ada jalan kembali." (hlmn. 40)

"Kita tawakal pada Tuhan. Kan kita sudah berusaha." (hlmn. 202)

๐ŸŒŸ: 3,7 / 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar