Rabu, 29 Mei 2019

Prima Balerina untuk GISELLE


Judul: Giselle
Penulis: Akiyoshi Rikako
Penerbit: Haru
Cetakan: Maret 2019
ISBN: 9786025297298
Tebal: 400 halaman

Udah ada yang baca ini belum? Atau ada yang justru belum pernah mencicipi karya Akiyoshi Rikako? Kalo Aku sih sudah penasaran sejak pengumuman Haru akan menerbitkan karya terbaru Rikako sensei ini, maklum aku ngikutin semua karya-karyanya dari awal. Kali ini aku akan mereview karya sensei terbaru 😁

BLURB
Lima belas tahun yang lalu, prima balerina Himemiya Mayumi tak sengaja menusuk dirinya sendiri hingga mati dalam usahanya menyerang Kurebayashi Reina, saat balet "Giselle" ditampilkan. "Giselle" pun menjadi judul terlarang dalam Tokyo Grand Ballet.

Lima belas tahun kemudian, sebagai perayaan ulang tahun Tokyo Grand Ballet, "Giselle" diputuskan untuk ditampilkan kembali.

Akan tetapi, saat mereka mulai mempersiapkan pertunjukkan, arwah Mayumi mulai muncul. Berbagai kecelakaan dan kejadian nahas pun terjadi beruntun.

Sebenarnya mengapa arwah Mayumi kembali? Apa yang sebenarnya terjadi lima belas tahun silam?


"Giselle memang salah satu judul yang merepresentasikan balet romantis, tapi balet punya sisi mengerikan. Giselle lah satu-satunya balet yang menampilkan tarian dengan kostum kain kafan." (hlmn. 37)

Tokyo Grand Ballet memutuskan untuk mementaskan kembali Giselle setelah insiden buruk yang mencoreng pertunjukkan tersebut di awal berdirinya studio balet rintisan Kurebayashi Hisashi itu. Insiden tersebut melibatkan putri tunggalnya; Reina yang kemudian ditutup dengan penyebab insiden adalah rasa iri Mayumi karena peran pentingnya telah digantikan oleh Reina.

Kwartet beranggotakan Kanon, Ranmaru, Junko dan Yukiko belajar balet di Tokyo Grand Ballet mendapatkan peran untuk pementasan Giselle mendatang. Namun, rasa iri dalam diri Yukiko muncul saat melihat Kanon yang kemampuannya di bawah Yukiko justru mendapat peran besar. Keretakan persahabatan tak terhindarkan. Meskipun begitu, mereka harus berlatih bersama demi kesuksesan pertunjukkan. Di bawah arahan Chouno Mikia, mereka mengerahkan seluruh tenaga untuk menghidupkan kembali Giselle yang telah tidur selama 15 tahun.

Di tengah-tengah persiapan pertunjukkan Giselle yang semakin dekat, hal-hal ganjil terus terjadi. Diawali dari Ranmaru melihat sosok Mayumi, Reina diteror oleh Mayumi hingga kecelakaan fatal menimpa pemain inti. Benarkah semua hal buruk yang terjadi adalah kutukan dendam arwah Mayumi? Ada rahasia yang berusaha mereka simpan rapat selama 15 tahun.
===================
Kalo tokoh favorit sih Ranmaru; satu-satunya penari balet pria di angkatan Kanon. Dia sosok penyemangat bagi teman-temannya, mampu menjembatani teman yang berselisih, selalu tenang, sigap menolong dan berkepala dingin menghadapi situasi.😊


"Penari adalah makhluk hidup yang akan terus menanggung dosa." (hlmn. 136)

👰Cover dark sudah mendiskripsikan isi cerita. Atmosfer horor dapet banget. Aku justru melihat covernya sebagai Myrtha bukan Giselle yaa😂

👰Bab dibagi menjadi 2 sesuai dengan babak dalam pertunjukkan Giselle.

👰Dunia balet dikupas secara detail, hal itu menambah pengetahuanku yang awam balet. Sepertinya penulis melakukan riset mendalam, termasuk sisi gelap penari balet.

👰POV orang ketiga dengan penokohan kuat didukung dengan dialog-dialog menunjukkan karakter tiap tokoh.

👰Setting tempat di tiap sudut gedung Tokyo Grand Ballet dijabarkan dengan detail.

👰Alur maju dan mundur. Mundur ketika tokoh menguak cerita masa lalu. Namun, alur cukup lambat di awal, baru terasa menegangkan di pertengahan buku. Atmosfer ketegangan cukup membuatku merinding.

👰Banyak istilah dunia perbaletan disisipi kosakata bahasa Jepang dan masakan prancis dengan penjelasan di bagian footnote.

👰Aku menemukan 2 typo: jarah=jarak (92), upacaya=upacara (272)

👰Plot twist bagus khas Rikako sensei meskipun tidak semengagetkan Holy Mother. Ada hal yang mampu aku tebak (pelaku & kebohongannya) tapi aku takmenyangka kebenaran-kebenaran di balik semua insiden serta di bagian epilog *ternyata selama ini begitu? Pantesan*😂

👰Urutan: Holy Mother,GITD,Absolute Justice,Giselle,TDR,SSD,Silence.

👰: Buku ini Recommended banget buat kalian penikmat horor/misteri realistis dengan sentuhan berbeda😊

🌟: 4.3/5

“Ada pendapat bahwa ‘semua usaha keras pasti akan ada maknanya’. Tapi, ucapan manis semacam itu hanya bisa diucapkan dalam dunia para amatir, bukan profesional…” (hlmn. 151)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar