Rabu, 29 Mei 2019

Kutukan Seekor Kucing Hitam


Judul: The Black Cat and Other Stories
Penulis: Edgar Allan Poe
Penerbit: Noura
Tebal: 378 halaman
Cetakan: Oktober 2017
ISBN: 9786023850532

Ini kali pertama aku membaca tulisan fenomenal karya Edgar Allan Poe. Siapa sih yang gak kenal beliau? Nah.. Buku ini berisi kumpulan cerpen 1838-1846. Di bagi menjadi 2: Kisah² horor dan kisah² detektif😊

[Kisah-Kisah Horor]
1. Ligeia
Kisah aku (suami lady ligeia) yang sangat mencintai Ligeia. Ligeia digambarkan mempunyai fisik sempurna namun sayang, dia telah tiada. Tokoh Aku menikah lagi, istri kedua bernama Lady Ruwena. Ruwena takut padaku karena tabiat amarahku dan aku pun membencinya. Ruwena  meninggal karena penyakit. Saat menunggu peti Ruwena sebelum dimakamkan, hal ganjil mulai aku rasakan.

2. Keruntuhan Keluarga Usher
Aku menemani sahabat baikku saat TK, Roderick Usher. Dia mengalami tekanan mental akut. Dia tinggal seorang diri di rumah besar dan tua. Anggota keluarganya sudah tiada. Terakhir adik perempuannya yang meninggal. Aku menemukan fakta mengejutkan pada malam berbadai itu.

3. William Wilson
Aku adalah William Wilson. Aku mengingat masa-masa saat  bersekolah. Aku adalah pemimpin dan suka memerintah anak-anak lain. Ada satu hal yang membekas di ingatanku. Seorang anak laki-laki, murid pindahan yang amat mirip denganku dalam segala hal bahkan namanya pun sama membuatku muak.

4. Topeng Maut Merah
Maut merah menjadi hal menakutkan bagi negeri ini. Pangeran Prospero mengumpulkan penduduk yang selamat di tempat pengasingan. Di sana mereka mengadakan pesta topeng tidak biasa. Namun, ada seorang penyusup mencoba menghancurkan pesta.

5. Potret Oval
Aku terluka parah. Pelayan laki-lakiku memaksa mendobrak kastel suram nan megah demi keselamatanku. Aku beristirahat di ranjang dalam ruangan dengan banyak lukisan di dindingnya. Kritik dan penjelasan tentang lukisan terdapat pada buku yang aku temukan dekat bantal. Ada satu lukisan yang mengusik ketenanganku.


6. Kucing Hitam
Aku seorang penyayang hewan dan memiliki berbagai jenis hewan di rumah tetapi yang menjadi hewan favoritku adalah kucing hitam bernama Pluto. Beruntung istriku juga peyayang hewan sepertiku. Tetapi, lambat laun aku  kecanduan alkohol dan kehilangan kesadaran bahkan  menyiksa Pluto. Aku mulai menyesali perbuatanku seumur hidup.

7. Lubang Pendulum
Aku dijatuhi hukuman berat namun beberapa kali berhasil lolos. Kali ini aku ditempatkan di sebuah ruangan gelap dengan satu lubang di tengah. Sepertinya aku berharap sekali lagi keberuntungan.

8. Jantung yang Mengaduh
Indera pendengaranku sangat peka. Aku tinggal bersama laki-laki tua yang baik padaku namun aku tak suka mata biru pucatnya mirip mata burung pemakan bangkai membuatku ingin segera melenyapkannya.

9. Penguburan Hidup-Hidup
Dalam bab ini diceritakan kisah-kisah tentang kesalahan dokter dalam membuat penyataan kematian sesorang.  Si pasien itu hidup kembali ketika sudah berada di liang kubur. Si tokoh Aku memiliki riwayat penyakit tak terdeteksi, tubuh menjadi semakin lemah hingga pingsan. Suatu hari Aku bangun dalam ruangan gelap, sempit, pengap dan tak beralas. Mungkinkah?

10. Tong Amontillado
Aku ingin membalas dendam pada Fortunato atas ribuan luka yang aku rasakan. Dia selalu membanggakan keahliannya menilai anggur. Aku berencana menjebaknya dengan tong Amontillado-ku. Dengan senyum manis dan bujukanku, dia dengan mudah masuk perangkap.


"....semua kemustahilan yang kelihatannya sangat nyata sebenarnya tidak ada." (hlmn. 239)

[Kisah-Kisah Detektif]
Kisah Aku dan teman detektifku, Chevalier C. Auguste Dupin yang menghadirkan kehebatannya dalam menganalisis kasus.

1. Peristiwa Pembunuhan di Rue Morgue
Kasus kematian janggal Madame L'Espanaye dan putrinya Madamoiselle Camille L'Espanaye. Di bab ini pembaca ikut serta dalam penganalisisan melalui kesaksian para saksi di sekitar TKP. Ada kata 'Kalimantan' muncul di sini tetapi aku heran kenapa tidak pakai 'Borneo' mengingat kisah ini ditulis tahun 1841.

2. Misteri di Balik Pembunuhan Maria Roget
Marie Roget, seorang yang rupawan dan terpandang tiba-tiba menghilang selama tiga hari. Setelah tiga hari kepergiannya, penduduk dibuat heboh dengan penemuan mayat di bantaran sungai yang diduga Marie Roget. Kali ini analisis kasus dari pemberitaan beberapa surat kabar.

3. Surat yang Dicuri
Kali ini Dupin dan Aku dimintai bantuan oleh kepala kepolisian Paros, Monsieur G untuk menemukan kembali dokumen penting yang dicuri dari istana. Pencurinya adalah Menteri D yakni saingan politiknya. Menteri D dikenal cerdik. Mampukah Dupin mengambil dokumen tsb?
=====================
🐱Jujur aku menyelesaikan buku ini cukup lama karena bahasanya takmudah kupahami sekali baca. Terdapat beberapa pemborosan kata.

🐱Ada kisah beralur lambat, rumit dan terkesan bertele.

🐱Beberapa istilah Prancis tak ada terjemahan.

🐱Kesalahan ketik: Mengenail = mengenai (280), Ketika anak perempuan lelaki terhormat itu kembali untuk mengambilnya..-Benda apa yg diambil tak disebutkan sebelumnya (314)

🐱Gaya bercerita membuatku bergidik karena atmosfer yang dibangun penulis sangat hidup dan mencekam apalagi didukung pov orang pertama.

🐱Penulis mendiskripsikan setting waktu dan tempat secara detail.

🐱Cover simple serta dark,semacam tumpahan cat membentuk siluet cat (read: kucing😂)

🌟:4/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar