Rabu, 29 Mei 2019

SLAMMED: Cinta Terlarang


Judul: Slammed ~Cinta Terlarang~
Penulis: Colleen Hoover
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: 1, April 2013
ISBN: 9789792295184
Tebal: 336 halaman

BLURB
Layken harus kuat demi ibu dan adiknya. Kematian mendadak sang ayah, memaksa mereka untuk pindah ke kota lain. Bayangan harus menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan baru sungguh menakutkan Layken. Namun semua berubah, begitu ia bertemu dengan Will Cooper, tetangga barunya.

Will memang menarik. Dengan ketampanan dan senyum memikat, pemuda itu menularkan kecintaannya pada slams -pertunjukan puisi-. Perkenalan pertama menjadi serangkaian hubungan intens yang membuat mereka semakin dekat, hingga keduanya bertemu lagi di sekolah.

Sayangnya, hubungan mereka harus berakhir. Perasaan yang mulai tumbuh antara Will dan Layken harus dihentikan. Pertemuan rutin mereka di kelas tak membantu meniadakan perasaan itu. Dan puisi-puisi menjadi sarana untuk menyampaikan suara hati. Tentang sukacita kecemasan, harapan, dan cinta terlarang mereka.


[CHARACTERS]
Layken Cohen
Gadis remaja berusia 18th lebih dua bulan yg menyukai The Avett Brothers, seperti Dad.

Kel Cohen
Adik Layken berusia 9th yg  suka bermain.

Julia Cohen
Ibu Layken dan Kel yg peka terhadap hal-hal kecil dan penasehat yg baik.

Will Cooper
Tetangga Layken di Ypsilanti. Pemuda berusia 21th yg suka membuat puisi dan menjadi tulang punggung keluarga setelah kematian orang tuanya. Dia sangat menyayangi adiknya.

Caulder Cooper
Adik Will berusia 9th. Dia langsung menjadi sahabat Kel sejak mereka pertama kali bertemu.

Eddie
Teman pertama Layken di sekolah baru yg perhatian. ===================================
Cerita dibuka dengan kepindahan keluarga Layken dari Texas ke Ypsilanti, Michigan setelah kematian mendadak Dad. Mereka pindah karena Mom yg menjadi tulang punggung keluarga ditawari pekerjaan oleh teman lamanya, Brenda.

Awalnya hal ini tidaklah mudah bagi Layken untuk mejalani hidup pasca kematian Dad. Sampai dia bertemu dengan Will, tetangga di Ypsilanti yg selalu membantunya. Mereka semakin dekat seiring intensitas pertemuan. Bagaimana tidak? Jarak rumah mereka 100 meter. Apalagi adik mereka juga bersahabat dan sering main bersama.

Hal di luar dugaan terjadi, Will dan Layken saling jatuh cinta hanya berselang 3 hari setelah pertemuan pertama mereka. Mereka mulai berkencan.

Semua berjalan lancar hingga Layken mengetahui fakta sebenarnya tentang pemuda itu. Fakta yg membuat mereka harus saling menjaga jarak. Fakta apakah itu?

"Saat ini aku tak mungkin bisa memahami seperti apa rasanya patah hati. Jika patah hati lebih menyakitiku satu persen saja dari yg sekarang kurasakan, aku tidak mau lagi merasakan cinta. Tidak sepadan." (hal. 86)


Faktanya Will adalah guru Layken. Harapan yg mereka bangun kandas. Mereka mencari cara agar tidak berpapasan saat di kelas. Namun, hal itu sia-sia. Begitu sulit mengabaikan orang yg kita sayangi di saat kita harus bertemu dengannya setiap hari. Will tetap bersikukuh memprioritaskan pekerjaannya karena suatu hal yg berkaitan dengan masa lalunya.

Di sisi lain, Eddie kini mulai menyadari hubungan tak wajar Will-Layken tapi memilih diam.

Kemudian muncul masalah lain: kecurigaan Layken pada Mom yg menyimpan rahasia besar.

Apakah rahasia Mom? Bisakah Layken membongkar dan menerimanya? Bagaimana pula masa lalu Will?

Cinta dan keluarga menjadi poin utama di novel ini. Menurutku, konflik dan penyelesaian masalah sangat menyentuh. Penokohannya kuat, tidak ada karakter perempuan manja di sini. Aku sangat menikmati puisi-puisi yg disajikan, terutama puisi Will-Layken di bab 21. Tapi, banyak kata-kata umpatan kasar.

Favorit karakter: Will (Jika dia ada di dunia nyata, aku akan jatuh cinta padanya seperti yg Layken rasakan.)

Favorit quote:
"...Dalam sebuah hubungan, ada jauh lebih banyak yg diperlukan ketimbang cinta." (hal. 45)

"Ada 3 hal yg mesti benar-benar bisa dijawab 'iya' oleh seorang perempuan sebelum dia mengikatkan diri pada seorang laki-laki. Kalau ada satu saja yg kau jawab 'tidak', maka larilah sekencang-kencangnya. 1. Apa laki-laki itu memperlakukanmu dengan hormat. 2. Misalkan 20th lagi dia masih orang yg persis sama dengan dia yg sekarang, apakah kau tetap mau menikah dengannya. 3. Apakah laki-laki itu menggugah keinginanmu menjadi orang yg lebih baik? Jika berhasil menemukan laki-laki yg bisa membuatmu menjawab iya untuk ke-3 pertanyaan tadi, berarti kau sudah menemukan laki-laki yg baik." (hal. 45-46)

"Keterbatasan itu ada untuk dilampaui." (hal. 277)

Pesan-pesan di surat Mom bagian epilog (baca sendiri 😂)

🌟: 4.5/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar